KEMENTERIAN KETENAGAKERJAAN RI DIREKTORAT JENDERAL PEMBINAAN PELATIHAN VOKASI DAN PRODUKTIVITAS BALAI PELATIHAN VOKASI DAN PRODUKTIVITAS SORONG Jalan Basuki Rahmat KM. 9.5, Kota Sorong, Papua Barat |
RANAH PENGETAHUAN
SESSION PLAN
: |
Plat Welder SMAW |
Bidang Kompetensi |
: |
Welding |
|||
Kode Unit Kompetensi |
: |
C.25LAS01.026.01 |
Penyanyian Ke |
: |
1 (Satu) |
||
Judul Unit Kompetensi |
: |
Memperbaiki Hasil Pengelasan |
Waktu |
: |
25 Menit |
||
Elemen Kompetensi |
: |
2. Melaksanakan Prosedur Perbaikan |
Kriteria Unjuk Kerja |
: |
2.3 Bahan tambah/pengisi (consumable) diidentifikasi. |
||
J U D U L KAWAT LAS |
|||||||
Tujuan Pembelajaran: Setelah selesai mengikuti pelatihan ini peserta dapat: 1. Menjelaskan kawat las sebagai bahan tambah/pengisi (consumable). Mengidentifikasi bahan tambah/pengisi (consumable). |
|||||||
Metode Mengajar
|
1. Ceramah 2. Tanya Jawab |
||||||
Media Pembelajaran (Media, Alat, Bahan) |
Media : 1. Slide Presentasi PTT |
||||||
|
Alat : 1. LCD Proyektor 2. Laptop 3. Pointer 4. Flip Chart/Papan Tulis 5. Spidol |
||||||
|
Bahan : 1. Elektroda E6013 2. Handout Lembar Informasi 3. Soal Evaluasi |
||||||
Persiapan |
1. Ruang kelas 2. Media pembelajaran 3. Mental dan fisik |
||||||
I. Pendahuluan |
1. Perkenalan diri, 2. Pengkondisian dan pengecekan kehadiran peserta, 3. Apersepsi, 4. Menyampaikan judul sesi pembelajaran, 5. Menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran, 6. Menyampaikan Safety Induction, 7. Menyampaikan Roadmap pelatihan, |
WAKTU (Menit) Time |
|||||
5 Menit |
I. Penyajian |
|||
Sub Judul |
Uraian Kegiatan |
Media Pembelajaran (Media, Alat, Bahan) |
Perkiraan Waktu |
1. Kawat las sebagai bahan tambah/pengisi (consumable). |
1.1 Instruktur menjelaskan pengertian kawat las. 1.2 Instruktur menjelaskan fungsi utama kawat las. 1.3 Instruktur memberi kesempatan tanya-jawab dengan peserta pelatihan. |
Slide ke … LCD Proyektor Laptop Pointer Papan Tulis Spidol |
3 Menit |
2. Identifikasi bahan tambah/pengisi (consumable) . |
2.1. Instruktur menjelaskan jenis – jenis kawat las. 2.2. Instruktur menjelaskan kode kawat las. 2.3. Instruktur memberi kesempatan tanya-jawab dengan peserta pelatihan. |
Slide ke … LCD Proyektor Laptop Pointer Papan Tulis Spidol |
2 Menit |
Kesimpulan |
Instruktur menyimpulkan mengenai: § Kawat las sebagai bahan tambah/pengisi (consumable). § Mengindentifikasi bahan tambah/pengisi (consumable). |
Slide ke… |
2 Menit |
II. Aplikasi |
Instruktur memberi pertanyaan kepada peserta dan memberi kesempatan kepada peserta untuk menjawab soal berikut: 1. Sebutkan pengertian kawat las? 2. Sebutkan 3 fungsi utama kawat las? 3. Sebutkan jenis-jenis kawat las? 4. Sebutkan arti kode E6013? |
Slide ke… |
4 Menit |
III. Evaluasi |
Instruktur membagikan lembar evaluasi yang harus diisi oleh peserta dan mengumpulkannya kembali. |
Lembaran soal |
5 Menit |
Tugas Tambahan |
§ Buatlah rangkuman dari berbagai sumber mengenai “Kawat Las” |
Ditayangkan pada LCD Projector |
1 Menit |
Pemberesan Kelas |
§ Merapikan ruangan § Merapikan media pembelajaran § Membereskan dan membersihkan sisa bahan pembelajaran. § Menghapus papan tulis. |
|
2 Menit |
Ending |
§ Ucapan terima kasih dan salam penutup. |
Slide Penutup |
1 Menit |
Sorong, 10 Juni 2024 |
||
|
Instruktur,
Suhersan Panggalo, S.T NIP.198403242009121005 |
Soal Evaluasi Tertulis
: |
Plate Welder SMAW |
Bidang Kompetisi |
: |
Welding |
||||||||
Kode Unit Kompetensi |
: |
C.25LAS01.0026.01 |
Elemen Kompetensi |
: |
2. Melaksanakan Prosedur Perbaikan |
|||||||
Judul Unit Kompetensi |
: |
Memperbaiki Hasil Pengelasan |
Kriteria Unjuk Kerja |
: |
2.3 Bahan tambah/pengisi (consumable) diidentifikasi. |
|||||||
Nama Peserta Pelatihan |
: |
|
Durasi |
: |
5 Manit |
|||||||
Petunjuk Umum · Bacalah setiap materi tes dengan cermat dan teliti. · Jawab pada lembar jawaban/kertas yang telah tersedia. · Evaluasi bersifat close book
|
||||||||||||
Menjodohkan Lengkapilah kalimat dibawah ini dengan memilih salah satu pilihan kata yang tersedia.
|
||||||||||||
1. Batang logam tambahan yang melebur pada proses pengelasan dalam menyatukan 2 benda kerja adalah… 2. Kawat las juga disebut… |
a. Stick Welding b. Elektroda c. Kawat las |
|||||||||||
Benar – Salah Berikan tanda silang pada huruf B jika pernyataan dibawah ini benar dan huruf S jika pernyataan salah.
|
||||||||||||
1. |
B |
S |
Sebagai bahan tambah saat penyambungan benda kerja/material. |
|||||||||
2. |
B |
S |
Sebagai hambatan arus listrik saat lelehkan benda kerja. |
|||||||||
|
||||||||||||
Pilihan Ganda Jawablah pertanyaan/pernyataan dibawah ini dengan memilih jawaban yang tepat sesuai opsi yang tersedia. |
||||||||||||
|
|
|
||||||||||
1. Berikut jenis-jenis kawat las : |
||||||||||||
|
a. |
Coated Electrodes |
c. |
Tungsten Electrodes |
||||||||
|
b. |
Uncoated Electrodes |
d. |
Semua Benar |
||||||||
2. Cara pembacaan kode kawat las E 6013, kecuali : |
||||||||||||
|
a. |
Jenis arus dan salutan |
c. |
Posisi pengelasan |
||||||||
|
b. |
Nilai kekuatan tarik maximum |
d. |
Elektroda |
||||||||
|
|
|
|
|
||||||||
Kunci Jawaban
Soal Evaluasi Tertulis
Menjodohkan |
|
No. |
Kunci Jawaban |
1 |
C |
2 |
B |
|
|
Benar - Salah |
|
No. |
Kunci Jawaban |
1. |
B |
2. |
S |
|
|
Pilihan Ganda |
|
No. |
Kunci Jawaban |
1. |
D |
2. |
B |
Bahan slide >>>>>>>>> https://tukanglasblksoq.blogspot.com/2024/06/bahan-slide.html?m=1
Las fillet >>>>>>>
https://tukanglasblksoq.blogspot.com/2020/12/teori-membuat-sambungan-las-fillet.html?m=1
Groove>>>>>>>>>>>>
https://tukanglasblksoq.blogspot.com/2020/12/pengelasan-las-kampuh-v-groove.html?m=1
Session plan >>>>>>>>>>>>
https://tukanglasblksoq.blogspot.com/2024/06/session-plan-kawat-las-026-evaluasi.html?m=1
Sesion plan alat bantu>>>>>>>>>>>>
https://tukanglasblksoq.blogspot.com/search?updated-max=2024-06-05T14:17:00%2B09:00&max-results=7&m=1
Sesion plan groove>>>>>>>>>>>
https://tukanglasblksoq.blogspot.com/search?updated-max=2024-06-05T14:09:00%2B09:00&max-results=7&start=1&by-date=false&m=1
Tidak ada komentar:
Posting Komentar